THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Thursday 1 April 2010

Ujian Nasional SMP di Mata Seorang Anak Akselerasi

Jadi, tulisan ini aku buat karena, pertama guruku menyarankan tulisan semacam ini, kedua karena si bocah nyuruh aku posting. Ok mari dimulai.

UN Ujian Nasional atau apalah itu kalo di kuping kita rasanya bikin jantung jedder duar pembuluh darah udah kea perosotan di waterbom dan mulut terbuka dan berteriak 'MAMAAAAA!' Padahal UN ga sebegitunya juga sih. Aku ngerasain sendiri, walau soal2 UN apalagi JAKARTA TIMUR bener2 susahnya minta ditabok(jauh lebih susah daripada TO MKS PAGUYUBAN SUN MANDIRI), tapi UNku alhamdulillah lancar lancar saja lah.

UN mulai tahun ini bukan penentu kelulusan lagi, jadi gausah deg2an amat, justru kita harus fokus ke US sama PRAKTEK juga. Kalo kita nilainya jeblok di salah satunya, wassalam sama kelulusan deh, malu berat temen2 udah bajunya abu2 kita masih biru, hyuck.

UN itu bagaikan akhir dari perjalanan kita selama 3 tahun(2 bagi siswa akselerasi), jadi rasanya sedih deh kalo udah mau UN. Apalagi bagi siswa akselerasi, baru rasanya tahun lalu kita duduk di bangku SMP, sekarang udah harus pindah lagi. Apalagi bagi EHEM NAU yg punya pacar, baru bentar udah harus pisah lagi.

Satu hal lagi yang saya dan teman2 saya takut pada saat kita sudah seangkatan dengan angkatan di atas, dengan menyandang status 'aksel' ada kemungkinan kita dijauhkan dari pergaulan. Buktinya udah jelas, sekarang belom apa2 kita udah dicengin WOO AKSEL, apadeh maunya, pergi ke laut gih sono. Makanya, kalo jadi anak aksel jangan HATCHING TEMEN2KU saling musuhan di kelas, kalo bukan sesama kalian, kalian mau temenan sama siapa lagi hah?

Bersyukurlah sebentar lagi kita lulus, punya temen baru, seneng deh sekarang UN udah lewat, tinggal nunggu hasil dan US PRAKTEK.

Tapi ya, ada satu yg pingin banget aku protesin ke yang bikin soal UN, terutama daerah JAKARTA TIMUR yg soalnya susah. Jadi gini nih:
Bahasa Indonesia: lancar2 saja, lebih lancar dari TO dsb

Bahasa Inggris: lebih lancar lagi, walau ada yg susah dikit sih, lebih tepatnya, yg bikin soal salah ngeja hurufnya, ada juga soal ambigu wkwk

Matematika: APAAN NIH? biasanya aku TO dapet 100, lah ini? 9.75 lah maksimal. Pasalnya, ada soal yg susahnya naujubile. Nih, emang sih di PERMEN 75 tahun 2009 SKLnya berbunyi 'menyelesaikan masalah berkaitan dengan skala dan perbandingan' huh tapi sedihnya, guru2 menjanjikan soal yg bekerja sekian hari berhenti sekian hari itu gabakal keluar, karena tidak cocok dengan SKL, eh ternyata keluar, alhamdulillah aku bisa.

Tapi ada lagi nih soal yg ngocol parah, itu soalnya masuk SKL 'menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kesebangunan' tapi kok susah ya? jadi soalnya bentuk trapesium gitu, ada dua garis berpotongan yg masing2 ujungnya berpotongan dengan sudut2 trapesiumnya. Trus garis2 ini ada titik yg membagi dua sama besarnya. Trus di dua titik ini ditarik garis, nah panjang garisnya berapa? Ok aku kan imajinasinya lagi ga jalan gara2 panik, jadi aku mengimajinasikan asal, ketemu tuh caranya, eh ternyata aku salah ngurangin angka, sedih banget aku jadi salah padahal imajinasinya udah mulai jalan. Temen2ku juga banyak salah, tapi aada juga yg bener, yang ngasal tapi hoki. Kita2 anak yg kalo ada soal susah mikir sendiri, eh malah ketemu cara tapi salah, huh, sabar ya shasha marsya dll. Congrats meutia yg ketemu caranya tapi jawabnya bener huhu.

IPA: wak susah dibanding TO, gw belom apa2 udah salah 3, belom tau nanti salahnya nambah lagi, gara2 ga liat keterangan tersirat dominan resesif, sama salah pengertian kirain jaringan palisade itu bunga karang, ternyata jaringan tiang, aargh kesalsekali.

Ya, tidak bermaksud lebay, tetapi ini bukan masalah kamu lulus atau tidak, ini masalah kamu masuk SMA 8 atau TIDAK

Well, aku daftar labschool udah gabayar, tinggal nunggu TN Krida SMANU MHT sama ACS amin diterima, ya kalo ga nyemplung ke Negeri dah gua. Well, GOOD LUCK YA temen2 aku doain diterima di SMA yg diinginkan, buat kakak2 SMA juga buat adek2 di SD juga. SEMANGAT!

1 comments:

Wijaya kusumah said...

tulisannya burem, lebih baik warna yg terang atau black aja buar matanya nggak sakit.
Bulan Januari nggak upadet yah, hehhehe. Nice posting!

salam
Omjay